Membuat Dinding Pembatas Gerak Pesawat

 Pada tutorial game maker kali ini kita akan mencoba membuat sebuah dinding yang tidak kelihatan (invisible wall) yang berfungsi agar pesawat tidak bisa keluar dari area permainan. 
Karena game yang kamu buat adalah game yang bertipe scrolling shooter, maka untuk membuat sebuah dinding yang tidak kelihatan kita tidak perlu menggunakan sebuah sprite wall yang telah kamu pelajari pada tutorial sebelumnya.

Hal ini dikarenakan kita bisa memanupulasi titik koordinat untuk bisa membuat dinding pembatas gerak pesawat tersebut.



langkah kerja:
1. Buka kembali tutorial project game sebelumnya.
2. Klik kanan obj_pesawat ---) kemudian pilih menu properties.
3. Klik step event yang pernah kamu buat sebelumnya, lalu temukan execute code yang berisi script seperti dibawah ini:

Script game maker
  • //membuat pesawat bergerak ke kiri
  • if keyboard_check(vk_left//jika tombol panah kiri di tekan
  • {//maka
  • x = x-7 //buat pesawat bergerak ke kiri sebesar 7 koordinat
  • }
  • //membuat pesawat bergerak ke kanan
  • if keyboard_check(vk_right) //jika tombol panah kanan di tekan
  • {//maka
  • x = x+7//buat pesawat bergerak ke kanan sebesar 7 koordinat
  • }
  • //membuat pesawat bergerak ke atas
  • if keyboard_check(vk_up)
  • {
  • y = y-5
  • }
  • //membuat pesawat bergerak ke bawah
  • if keyboard_check(vk_down)
  • {
  • y = y+5
  • }

4. Kemudian sisipkan kode-kode yang tepat pada script diatas, sehingga hasil akhir dari script diatas tersebut menjadi seperti dibawah ini:
[Catatan: kode yang diberi warna kuning merupakan kode-kode yang baru saja kita tambahkan]. 
Script game maker
  • //membuat pesawat bergerak ke kiri
  • if keyboard_check(vk_left//jika tombol panah kiri di tekan
  • and x>30 // dan pesawat berada di koodinat x lebih dari 30
  • {//maka
  • x = x-7 //buat pesawat bergerak ke kiri sebesar 7 koordinat
  • }
  • //membuat pesawat bergerak ke kanan
  • if keyboard_check(vk_right) //jika tombol panah kanan di tekan
  • and x<870 // dan pesawat berada di koodinat x kurang dari 870
  • {//maka
  • x = x+7//buat pesawat bergerak ke kanan sebesar 7 koordinat
  • }
  • //membuat pesawat bergerak ke atas
  • if keyboard_check(vk_up
  • and y>view_yview+30 // dan pesawat berada di koodinat y lebih dari 30
  • {
  • y = y-5
  • }
  • //membuat pesawat bergerak ke bawah
  • if keyboard_check(vk_down) 
  • and y
  • {
  • y = y+5
  • }

5. Kemudian klik tanda ceklis yang berwarna hijau, lalu klik tombol Ok.
6. Jalankan game kembali dengan cara rungame ---) run in debug mode.

Sekarang cobalah gerakan pesawat ke sudut-sudut area game dengan tombol panah keyboard, maka akan terlihat perbedaan Setelah kamu menambahkan script diatas pesawat tidak bisa keluar dari area game, dan tentu saja cara ini sangat efektif karena kita tidak perlu menambahkan objek pada game sehingga kecepatan game akan berjalan mulus.

Bagi kamu yang ingin melihat hasil dari tutorial ini, kamu bisa mendownload project gamenya disini:[ project game maker ].

Tinggalkan komentar yaah..

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Yahoo Messenger
none
Google Plus
none
Twitter
none
Facebook
Add My Facebook
Editted Template By Underground404 - Himajiesized By Dayz Hidayat