Untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu membuat sebuah dinding pembatas di sekeliling room game. Membuat dinding pembatas cukup mudah caranya yaitu sebagai berikut :
- - -Tahap I - - -
1. Buka projet game yang sebelumnya telah kamu buat ( cara membuat karakter bergerak) .2. Buatlah sebuah sprite dinding berukuran sekitar 32 x 32 pixel contoh :
3. Klik kanan object ---) lalu pilih Create Object .
4. Beri nama objek tersebut misalnya dengan nama obj_dinding .
5. Klik New ---) lalu beri nama sprite dengan nama dinding.
6. Klik Load sprite ---) lalu masukan sprite dinding yang sebelumnya telah kamu buat.
7. Klik OK , kemudian buat objek dinding menjadi solid ( ceklis menu solid ), lalu klik tanda OK.
- - - Tahap II - - -
1. Klik kanan obj_karakter ---) lalu pilih properties .2. Lalu klik add event ---) pilih Collision ---) dan pilih obj_dinding.
3. lalu buat sebuah script dan masukan kode berikut ini :
//bila karakter bertumbukan dengan dinding
motion_set(dir,0) // ubah kecepatan karakter menjadi 0 . 4. Lalu klik tanda ceklis, kemudian klik tombol OK.
5. Tempatkan dinding di sekeliling room, ( pada menu room hilangkan opsi “delete underlying ).
6. Lalu Jalankan game , run game ---) run in debug mode.
Sekarang karakter tidak bisa keluar lagi dari room game Secara bebas. Untuk contoh hasil dari project game ini , kamu bisa mendownloadnya di sini cara membuat dinding di game
{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }
Tambahkan Komentar Anda