Membuat Musuh Dalam Game Scrolling Shooter (TIPE-A) Dengan Game Maker Tipe

Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari mengenai cara membuat pesawat musuh dalam game scrolling shooter yang sedang kita buat. Untuk model pesawat musuh yang akan kita buat kali ini adalah musuh tipe A. Musuh tipe A ini hanya bergerak dari atas layar sampai kebawah saja.

Langkah Kerja:
1. Buka project game yang pernah kamu buat sebelumnya.
2. Sekarang klik kanan “spr_musuh1” yang pernah kita buat sebelumnya, lalu pilih properties.
3. Sekarang ubahlah titik origin sprite tersebut dengan nilai X=20 dan Y=39, kemudian klik tombol ok.

 4. Sekarang buatlah sebuah objek baru dengan nama “obj_musuh1”, ---) kemudian klik kanan objek tersebut ---) lalu pilih properties.
5. Buatlah sebuah event baru dengan cara, klik Add event ---) kemudian pilih Create Event.

6. Lalu Buatlah sebuah execute code dengan cara, “control ---) code ---) execute code.
7. Tuliskan script di bawah ini pada execute code tersebut:

vspeed=2//buat pesawat bergerak ke arah bawah sebesar 2 steps

8. Lalu klik tanda cekils berwarna hijau, kemudian klik tombol ok.
9.Sekarang beralih ke menu room, tempatkan obj_musuh1 yang sudah kamu buat tersebut dimanapun kamu suka.
10. Sekarang coba jalankan game : rungame ---) run in debug mode.

Maka, jika kamu mengikuti tutorial diatas dengan baik sekarang pesawat-pesawat musuh akan terlihat melintasi layar. Namun kamu pasti menyadari rasanya aneh pesawat musuh tidak dapat bereaksi dengan pesawat kita, untuk mengatasi masalah diatas kamu disarankan untuk membaca tutorial pembuatan game yang selanjutnya.

Bagi kamu yang ingin melihat hasil dari tutorial ini, kamu bisa mendownload project gamenya disini (berbentuk .gmk): [ project game maker ].

Tinggalkan komentar yaah..

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Yahoo Messenger
none
Google Plus
none
Twitter
none
Facebook
Add My Facebook
Editted Template By Underground404 - Himajiesized By Dayz Hidayat