Membuat Pernyataan Dalam GML

 Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat sebuah pernyataan yang berisi informasi atau perintah dengan menggunakan game maker language.


Pada dasarnya, bentuk umum dari sebuah pernyataan (statement) adalah sebagai berikut :

{
;
}

Untuk membuat sebuah pernyataan dalam gml, alangkah baiknya bila kita menambahkan tanda kurung kurawal buka”{” dan menutupnya dengan kurung kurawal tutup”}”, serta memberikan tanda titik koma disetiap akhir sebuah pernyataan.

Namun hal seperti ini tidaklah mutlak, sehingga Anda jangan terlalu pusing bila sewaktu-waktu Anda lupa dalam memberikan tanda kurung kurawal ataupun titik koma pada sebuah statement, karena gml akan menganggap statement tersebut benar.

Contoh statement biasa :

{
Ibu pergi ke pasar ;
}

atau

{
Ayah sedang membaca koran;
Saya sedang menonton TV;
}

Contoh statement dalam gml

{
x = 10;
y= 12;
}

Setelah melihat contoh diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa untuk membuat sebuah statement dengan menggunakan gml tidaklah sulit. Secara garis besar , statement atau pernyataan bisa kita bagi menjadi beberapa macam yaitu :
1). if statement.
2). for statement.
3). switch statement, dll.

Bentuk pernyataan-pernyataan diatas akan dijelaskan pada tutorial game maker selanjutnya, yang pasti semua bentuk statement diatas tidaklah terlalu sulit untuk kita pahami, yang penting adalah pertahankan semangat Anda untuk belajar karena dengan semangat yang tinggi sesulit apapun sebuah ilmu pasti akan kita pahami juga akhirnya.

Tinggalkan komentar yaah..

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Yahoo Messenger
none
Google Plus
none
Twitter
none
Facebook
Add My Facebook
Editted Template By Underground404 - Himajiesized By Dayz Hidayat