Langkah Kerja :
1. Buka kembali project game yang sebelumnya telah kamu buat.
2. Klik kanan menu sound ---) lalu pilih create sound.
3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
4. Beri nama sound tersebut dengan nama “snd_peluru1”.
5. Klik load sound ---) kemudian masukan file sound yang kamu inginkan, contoh : [download snd_peluru1].
6. Karena pada saat ini kita belum membutuhkan opsi preload, maka kita disable saja menu tersebut, perhatikan gambar di bawah ini :
7. Setelah semua persiapan efek suara beres, klik tombol ok.
8. Sekarang beralih ke menu objek, klik kanan obj_pesawat ---) lalu pilih menu properties.
9. Klik step event yang telah kamu buat sebelumnya.
10. lalu cari execute code yang memuat script seperti di bawah ini:
if bisa_menembak=1 // jika variable bisa menembak sama dengan 1
and //dan
keyboard_check(ord("A")) //tombol A pada keyboard ditekan
{ //maka
instance_create(x,y,obj_peluru1 ); // buatlah objek obj_peluru1 pada koordinat x,y titik origin kapal tersebut.
bisa_menembak=0; //buatlah variable bisa menembak menjadi 0
alarm[0]=10; // jika waktu 10steps sudah terlewati maka jalankan fungsi alarm0
}
11. Sisipkan script di bawah ini sebelum tanda “ } ” :
sound_play(snd_peluru1);
12. Sehingga bentuk akhir dari script diatas menjadi (penjelasan mengenai fungsi script sama dengan script diatas):
bisa_menembak=1
and
keyboard_check(ord("A"))
{ //maka
instance_create(x,y,obj_peluru1 );
bisa_menembak=0;
alarm[0]=10;
sound_play(snd_peluru1); //mainkan suara snd_peluru1
}
Jika kamu mengikuti prosedur diatas secara benar, maka ketika kamu menekan tombol A keyboard pesawat akan menembakan peluru yang diiringi oleh suara tembakan. Bagi kamu yang ingin melihat hasil dari tutorial ini, kamu bisa mendownload project gamenya disini:[project game maker ].
{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }
Tambahkan Komentar Anda