Coba ikuti teknik-teknik dibawah ini untuk membuat musuh-musuh dalam game pacman:
1. Buka kembali project game sebelumnya.
2. Buat atau download sprite musuh.png pacman dibawah ini ( klik kanan ---) save as ) sebagai contoh:
3. Masukan sprite itu dengan metode ( edit sprite ---) create from strip ), kemudian beri nama sprite tersebut dengan nama spr_musuh, lalu jangan lupa buat mask dengan mode bounding boxnya full image dengan shape rectangle.
4. Sekarang meluncur ke folder Object, klik kanan folder object ---) kemudian pilih create object.
5. Beri nama object tersebut dengan nama “obj_musuh” dan gunakan sprite spr_musuh sebagai sprite objek tersebut.
6. Sekarang buat Event baru yaitu create dan buat pula execute codenya , lalu masukan script dibawah ini:
sprite_index=spr_musuh //set default awal
image_index=random(4) //acak sub image awal dengan kemungkinan 1:4
image_speed=0 //set kecepatan image sebesar 0
//set default move dengan kecepatan 4 dengan beberapa pilihan yaitu:
motion_set(choose(0,90,180,270),4)
//90 =atas
//0 = kanan
//270 = bawah
//180 = kiri
7. Sekarang buat event baru yaitu Event Collision dan pilih obj_tembok sebagai objek collisionnya ---) kemudian buat execute code dan masukan script dibawah ini:
hspeed=-hspeed //sama dengan reverse horizontal.
vspeed=-vspeed //sama dengan reverse vertical.
8. klik tanda ceklis warna hijau, kemudian klik tombol Ok
9. Kemudian meluncur ke folder room, seperti biasa klik room stage1 ---) pilih properties.
10. Tempatkan obj_musuh dimanapun kamu suka.
11. Jalankan project game tersebut.
Bagi kamu yang ingin melihat hasil dari tutorial kali ini, kamu bisa mendownload project gamenya disini
[ pacman bagian tiga ].
{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }
Tambahkan Komentar Anda