Membuat Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dalam Game



Pada tutorial game maker sebelumnya kita telah berhasil membuat sebuah objek pesawat musuh bisa bergerak. Namun objek tersebut belum bisa berinteraksi banyak dalam game. Untuk itulah kita perlu membuat sebuah artificial intelligence (AI ) atau kecerdasan buatan agar objek pesawat musuh tersebut bisa berinteraksi dengan baik dalam game.

Membuat Collision (tumbukan) antara peluru dengan pesawat musuh
Event collision ini berfungsi untuk membuat pesawat musuh bisa hancur bila terkena tembakan dari pesawat kita, ikutilah langkah-langkah dibawah ini untuk membuat event collision tersebut:
1. Buka kembali project game sebelumnya.
2. Lihat menu objek, kemudian klik kanan “obj_musuh1” yang pernah kita buat sebelumnya ---) lalu pilih menu properties.
3. Buatlah sebuah event baru yaitu collision caranya, klik “Add Event” ---) lalu pilih event collision ---) kemudian pilih “obj_peluru1” sebegai objek tumbukannya.

4. Seperti biasa, buatlah sebuah execute baru dengan cara pilih menu “control ---) code ---) execute code.
5. Lalu tuliskan script di bawah ini:

instance_destroy(); //buat obj_pesawat musuh hancur

6. Lalu klik tanda ceklis, kemudian jalankan game : rungame ---) run in debug mode.
7. Sekarang pesawat musuh bisa dihancurkan dengan senjata pesawat kita.

Membuat Efek suara pada event collision
Ikutilah tutorial dibawah ini untuk membuat efek suara pada saat collision terjadi:
1. Untuk membuat efek suaranya kita bisa menggunakan file suara yang berformat WAV, untuk contoh bisa didownload disini [snd_explosion1] .
2. Setelah itu buat sound baru dengan cara, pilih menu “sound” kemudian pilih create sound.
3. Berilah nama sound tersebut dengan nama “snd_explosion1”.
4. Sekarang kembali ke menu objek, klik kanan “obj_musuh1”, dan buka kembali script diatas.

5. tambahkan script yang ada dibawah ini dibawah script diatas:

sound_play(snd_explosion1); //mainkan file snd_explosion1

6. Sehingga Sekarang scriptnya bertambah menjadi:

instance_destroy()//buat obj_pesawat musuh hancur
sound_play(snd_explosion1); //mainkan file snd_explosion1


7. Sekarang jalankan game tersebut kembali, dan cobalah tembak pesawat musuh maka akan terdengar sebuah efek suara pada saat terjadi collision.

8. Jika suara background terlalu keras, kamu dapat mengatur tinggi rendahnya volume suara di menu sound.


Bagi kamu yang ingin melihat hasil dari tutorial ini, kamu bisa mendownload project gamenya disini (berbentuk .gmk): [ project game maker ].

+TAMBAHAN
 membuat sebuah efek ledakan sehingga hasil dari collision objek pesawat musuh ini menjadi lebih bagus. Ikutilah langkah-langkah dibawah ini untuk membuat efek ledakan ketika pesawat musuh bertumbukan dengan peluru pesawat kita.
 Langkah Kerja:
1. Buka kembali project game sebelumnya [ Artificial Intelligence bagian satu].
2. Buatlah atau masukanlah satu set strips yang memuat animasi ledakan , contoh:


3. Jika KAmu Tidak Mengetahui Cara Mengolah GAmbar Strips Baca Tutor Dasar2 GAme MAker.
4. Beri nama sprite tersebut dengan nama “spr_explosion1”, kemudian klik tombol ok.
5. Buatlah sebuah objek baru dengan nama “obj_explosion1” dengan cara klik folder “object” ---) kemudian pilih menu “create object”.
6. Buatlah sebuah event animation end dengan cara: klik Add Event ---) lalu klik “other” ---) kemudian pilih “animation end”.
7. Buatlah sebuah execute code baru dan masukan script dibawah ini :

instance_destroy(); //hancurkan objek ledakan ini

8. Setelah itu klik tanda ceklis.
9. Pindah ke objek “obj_musuh1” kembali, klik kanan “obj_musuh1” ---) kemudian pilih properties.
10. Carilah execute code yang seperti gambar dibawah ini.

instance_destroy(); //buat obj_pesawat musuh hancur
sound_play(snd_explosion);

11. Tambahkan script dibawah ini dibawah script diatas:

instance_create(x,y,obj_explosion1);//buat objek obj_explosion1 di titik koordinat x,y origin pesawat musuh

12. Sehingga hasil akhir script diatas menjadi seperti gambar dibawah ini:



13. Sekarang coba jalankan kembali permainan dengan cara rungame---) run in debug mode.

Sekarang bila pesawat musuh hancur maka akan ada efek ledakan terlebih dahulu sebelum pesawat musuh tersebut benar-benar menghilang dari permainan, bagi kamu yang ingin melihat hasil dari tutorial ini, kamu bisa mendownload project gamenya disini (berbentuk .gmk): [ project game maker ].

+TAMBAHAN


Tujuan kami semata-mata hanyalah untuk menguji kemampuan pemahaman konsep anda, dan menjadikan bahan eveluasi bagi kami bila ternyata penyampaian konsep-konsep kami kurang begitu dimengerti.



Aspek-aspek yang diubah pada tutorial game maker kali ini adalah:

1. Penambahan Script baru yaitu script untuk membuat collision (tumbukan) antara pesawat kita dengan pesawat musuh.

2. Penambahan Event baru yaitu Event “step” pada objek “obj_musuh1”.

3. Penambahan script baru pada event step.

4. Penghapusan Event create pada obj_musuh1, karena fungsinya sudah terwakili oleh Event step.

5. Pembuatan script baru yang berfungsi agar pesawat musuh hanya bisa berinteraksi bila ada pada layar game.

6. Pembuatan script baru yang berfungsi agar pesawat musuh hancur bila sudah melewati batas layar.

7. Pembuatan script baru yang berfungsi agar peluru pesawat kita ikut hancur bila bertumbukan dengan pesawat musuh.

Itulah aspek-aspek yang diubah dan ditambahkan pada tutorial game maker kali ini, khusus untuk tutorial kali ini kami sangat menyarankan untuk mendownload versi gmk dari project game ini. kamu bisa mendownload project gamenya disini (berbentuk .gmk): [ project game maker ].

Tinggalkan komentar yaah..

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

2 komentar:

  1. tutorial yang bagus..dan mungkin hanya blog ini yang menyediakan tutorial buat game yang keren..hehehe..keep posting, bro..

    BalasHapus
  2. Tapi ngomong ngomong mana yang tutorial yang sebelumnya?(yang sambungannya dengan ini..)

    soalnya saya mau coba buat contoh aplikasi ecerdasan buatan, bang..game juga gak papa..

    tolong balasannya, untuk urutan pembuatan game yang AI..

    Thanks..

    BalasHapus

 
Yahoo Messenger
none
Google Plus
none
Twitter
none
Facebook
Add My Facebook
Editted Template By Underground404 - Himajiesized By Dayz Hidayat