Membuat Game Berbasis Mouse Iteraction Dengan Game Maker

Bila Anda mengamati tutorial game maker yang ada di blog ini secara teliti , Anda akan menemukan bahwa kebanyakan tutorial tersebut menggunakan tombol-tombol yang ada di keybord saja sebagai user interactionnya.

Pertanyaannya adalah, dapatkah tombol-tombol yang ada di mouse dijadikan sebagai user interaction dalam game-game yang di buat dengan game maker?
Jawaban dari pertanyaan diatas adalah “Ya, tentu saja bisa.”, bahkan dengan menggunakan game maker, kita pun bisa menggabungkan antara keduanya (mouse dan keyboard) sebagai user interactionnya dalam suatu game.

Dalam tutorial game maker kali ini, Anda akan mempelajari mengenai cara membuat suatu objek dalam game yang bisa bergerak sesuai dengan input dari tombol keyboard.
Intinya, pada tutorial kali ini Anda akan belajar membuat karakter yang bisa bergerak seperti yang ada di game-online. 

Ikutilah langkah-langkah kerja dibawah ini:
1. Buka game maker.
2. Seperti biasa, komponen pembuatan game pertama yang akan kita kerjakan adalah sprites.
3. Buatlah sprite-sprite seperti dibawah ini, contoh [download saja (klik kanan –save image as) ].


Pemberian nama:
untuk gambar pertama berilah nama : spr_player.
untuk gambar yang kedua berilah nama: spr_follow.
Catatan:
Bila Anda menggunakan game maker versi Pro, maka akan ada sedikit perbedaan hasil bila dibandingkan dengan yang unregistered (tapi, pada dasarnya sama saja) .

4. Sekarang pindah ke folder objects, buatlah sebuah objek baru [ klik kanan folder objects ---) lalu klik create objects.]
5. Beri nama objek tersebut dengan nama obj_player dan gunakan spr_player sebagai spritenya.
6. Buat sebuah Event baru yaitu Create Event, kemudian masukan script di bawah ini.

image_index=0 //set image awal = image0
image_speed=0
follow=0 /*variabel untuk memberikan tanda, apakah
obj_player ini harus mengikuti mouse atau tidak?*/

7. Lalu buat sebuah event baru yaitu step Event, kemudian masukan script di bawah ini:
[ download di sini, kemudian bukalah file ini dengan Microsoft word ].
8. Sekarang buat sebuah objek baru lagi, yaitu obj_follow dan gunakan spr_follow sebagai spritenya, dan ingat objek ini harus di hidden, sehingga uncheck attribute visiblenya.
9. Buat sebuah Event baru, kemudian masukan script di bawah ini:

follow_mouse=1 //set varibel baru yaitu follow_mouse=1

10. Lalu buat sebuah Event baru lagi yaitu Step Event, kemudian masukan script di bawah ini:

if mouse_check_button(mb_left)
{
follow_mouse=0
}

if follow_mouse=1
{
x=mouse_x //pindahkan objek follow ini ke titik koordinat x mouse 
y=mouse_y
}

11. Kemudian buatlah Event baru lagi, yaitu Collision dan gunakan obj_player sebagai collision objeknya, kemudian masukan script di bawah ini;

follow_mouse=1

12. Terakhir, kembali lagi ke obj_player [ klik kanan obj_player ---) properties ].
13. Buatlah sebuah Event baru yaitu Collision, dan gunakan obj_follow sebagai collision objeknya, kemudian masukan script di bawah ini:
//jika bertumbukan dengan obj_follow
follow=0

14. Akhirnya selesai, untuk melihat hasil dari tutorial ini : run game ---) run in debug mode. 
Kemudian, sebagai bahan referensinya Anda bisa mendownload hasil dari tutorial game maker kali ini disini
[ download project game maker ].

Tinggalkan komentar yaah..

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Yahoo Messenger
none
Google Plus
none
Twitter
none
Facebook
Add My Facebook
Editted Template By Underground404 - Himajiesized By Dayz Hidayat