Nah Dari Postingan yang pertama hingga yang terakhir/sebelumnya adalah pengenalannya, sekarang waktunya kita membuat gamenya untuk kali ini kita membuat pergerakan pada karakternya dulu pada postingan selanjutnya kita lanjutkan lagi yah..
Catatan : Semua tutorial yang ada pada blog game maker tutorial ini saling berkaitan dan tersusun , jadi bila satu tutorial terlewat maka tutorial yang selanjutnya akan sulit untuk di pahami. Jadi bila kamu menemui kesulitan di sarankan untuk membaca tutorial sebelumnya.
1. Buatlah sebuah sprite untuk karakter misalnya gambar prajurit atau kendaraan yang menghadap ke arah kiri, dan kanan.
2. Buatlah objek dengan menggunakan sprite yang menghadap ke kanan.
3. Lalu pilih add event ---) step ---) lalu pilih step .
4. Masukan kode berikut ini pada execute code .
//Bergerak ke arah kiri//
if keyboard_check(vk_left) // jika tombol panah kiri keyboard di tekan { //maka
sprite_index=kapal_kiri; // ubah pemain menjadi kapal kiri
motion_set(180,5); // dengan arah ke kiri dan kecepatannya 5
}
//Bergerak ke arah kanan//
if keyboard_check(vk_right) // jika tombol panah kanan keyboard di tekan { //maka
sprite_index=kapal_kanan; // ubah pemain menjadi kapal kanan
motion_set(0,5); // dengan arah ke kanan dan kecepatannya 5
}
//bila keyboard tidak di tekan
if keyboard_check(vk_nokey) // jika tombol keyboard tidak ditekan{ //maka
motion_set(0,0); // dengan arah ke atas dan kecepatannya 0
}
5. Lalu klik tanda ceklis.
6. Buatlah sebuah room dan tempatkan objek karakter di room tersebut dan klik ceklis.
7. Jalankan game tersebut game run ---) run in debug mode .
Tutorial ini merupakan garis besar dari project game yang akan kamu buat, untuk contoh game project yang sebenarnya kamu bisa mendownload disini game project.
{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }
Tambahkan Komentar Anda